Saturday, November 16, 2024

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPAS BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

 



Suhendra, I Wayan (2023), Pengembangan Bahan Ajar IPAS Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Tesis, Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Made Candiasa, M.I.Kom.

Kata-kata kunci : bahan ajar IPAS, digital, hasil belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun, validitas, kepraktisan, dan efektivitas dari bahan ajar IPAS berbasis digital dalam upaya meningkatkan hasil belajar ranah kognitif siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa pada Gugus Ki Hajar Dewantara Denpasar. Pengembangan, bahan ajar ini melalui proses validasi materi dan media dengan menggunakan lembar validasi Learning Object Review Instrument (LORI), uji kepraktisan menggunakan User Experience Questionaire (UEQ), dan untuk uji efektivitas menggunakan instrument tes hasil belajar yang telah diuji secara empiris dengan uji validitas isi, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Bahan ajar IPAS digital memanfaatkan googlesite yang diintegrasikan dengan gambar yang diolah menggunakan Canva, gambar Google, Web, Youtube, Liveworksheet, dan Quizziz sebagai variasi konten materi pelajaran.

Validitas materi memperoleh skor 4,8 pada kategori  sangat tinggi, sedangkan validitas media memperoleh skor 4,5 pada kategori sangat tinggi. Uji kepraktisan bahan ajar memperoleh skor 1,75 dengan klasifikasi excellent. Uji efektivitas berdasarkan rata-rata normalitas gain memperoleh skor 0,80 dengan kategori efektivitas tinggi. Hal ini menunjukkan pengaruh bahan ajar IPAS digital terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian bahan ajar IPAS digital dinyatakan layak dengan pertimbangan valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif.


Download Tesis

No comments:

Post a Comment