PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH
A. SASARAN
Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.
Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:
Kurikulum dan Pembelajaran
Tersedianya dokumen KOSP seluruh mata pelajaran
Guru paham tentang KOSP
Guru mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi
Guru paham dan mampu membuat PTK
Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru
Meningkatnya minat baca siswa
Perpustakaan yang representatif
Guru paham tentang kecakapan hidup
Administrasi dan Manajemen Sekolah
Peraturan sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
Semua guru PNS/ASN mengikuti sertifikasi
Semua guru PNS/ASN lolos sertifikasi
Semua guru Non ASN
Organisasi dan kelembagaan
Peraturan khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik
Guru dan karyawan mampu membuat program kerja
Sarana dan Prasarana
Tersedianya ruang kelas
Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap
Tersedianya ruang perpustakaan
Kebutuhan komputer dan printer terpenuhi
Tersedianya gedung ibadah (Padmasana)
Penyediaan air bersih
Ketenagaan
Tersedianya program kombel
Guru paham tentang peningkatan mutu pembelajaran
Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
Pembiayaan dan pendanaan
Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah
Meningkatnya prestasi siswa dan sekolah
Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder
Tersusunnya RKAS tepat waktu
Laporan BOS tersusun tepat waktu
Peserta Didik
Penerimaan Siswa Baru
Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakulkuer
Pelaksanaan program kesiswaan
Peran serta Masyarakat
Keterlibatan komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya
Hubungan sekolah dengan komite sekolah lebih baik
Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat
Lingkungan dan Budaya Sekolah
Pemagaran sekolah
Pembuatan taman sekolah
Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang aman.
PROGRAM
Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan. Sasaran program nantinya diintegrasikan ke dalam kegiatan rutin, khusus, dan kegiatan yang melibatkan mitra :
INDIKATOR KEBERHASILAN
Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.
Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program sekolah per-kategori:
Kurikulum dan Pembelajaran
Tersedianya dokumen KOSP secara lengkap
Guru mampu membuat dokumen KOSP
Adanya KOSP
Tersedianya silabus sekolah sesuai standar isi
Tersedianya literatur tambahan
Jam mengajar guru PNS maksimal 24 jam
Tersedianya buku pelajaran
Administrasi dan Manajemen Sekolah
Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan sekolah
Guru-guru PNS lolos sertifikasi
Organisasi dan kelembagaan
Usulan peraturan terbentuk
Terselesaikannya program kerja
Sarana dan Prasarana
Tersedianya ruang Kelas Baru
Tersedianya ruang Perpustakaan
Penggantian dan perbaikan perabot rusak
Sarana dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi
Laboran terampil menggunakan lab IPA
Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan
Tersedianya musholla
Tersedianya air bersih yang memadai
Ketenagaan
Terbuatnya program supervisi
Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung
Pembiayaan dan pendanaan
Jumlah siswa baru meningkat
Tersusunnya RKABS tepat waktu
Peserta Didik
Terselenggarannya kegiatan pembelajaran
Terselenggaranya klegiatan Ekstrakurikuler
Peran serta Masyarakat
Komite memahami tugas dan perannya
Hubungan komite dan sekolah berjalan secara sinergi
Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan sekolah
Adanya pertemuan rutin dengan komite
Lingkungan dan Budaya Sekolah
Pembuatan taman sekolah
Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang aman.
No comments:
Post a Comment