PKKS

PROGRAM KERJA KEPALA SEKOLAH 

A. SASARAN

Sasaran adalah tantangan utama yang akan dicapai sekolah/madrasah dalam waktu 4 tahun ke depan dan telah disesuaikan dengan faktor kesiapan sekolah/madrasah. Penetapan sasaran sekolah ini bertujuan untuk dijadikan panduan dalam menyusun program dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu guna merealisasikan alternatif pemecahan tantangan yang telah dirumuskan.

Berikut ini kami uraikan sasaran program kerja sekolah per-kategori:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran

    1. Tersedianya dokumen KOSP seluruh mata pelajaran

    2. Guru paham tentang KOSP

    3. Guru mampu membuat silabus sekolah sesuai standar isi

    4. Guru paham dan mampu membuat PTK

    5. Meningkatnya minat baca dan pengetahuan guru

    6. Meningkatnya minat baca siswa

    7. Perpustakaan yang representatif

    8. Guru paham tentang kecakapan hidup


  1. Administrasi dan Manajemen Sekolah

    1. Peraturan sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik

    2. Semua guru PNS/ASN mengikuti sertifikasi

    3. Semua guru PNS/ASN lolos sertifikasi

    4. Semua guru Non ASN


  1. Organisasi dan kelembagaan

    1. Peraturan khusus sekolah tersedia dan terlaksana dengan baik

    2. Guru dan karyawan mampu membuat program kerja


  1. Sarana dan Prasarana

    1. Tersedianya ruang kelas 

    2. Tersedianya fasilitas ruang yang baik dan lengkap

    3. Tersedianya ruang perpustakaan 

    4. Kebutuhan komputer dan printer terpenuhi

    5. Tersedianya gedung ibadah (Padmasana)

    6. Penyediaan air bersih


  1. Ketenagaan

    1. Tersedianya program kombel

    2. Guru paham tentang peningkatan mutu pembelajaran

    3. Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung


  1. Pembiayaan dan pendanaan

    1. Peningkatan pembiayaan sekolah untuk meningkatkan kualitas pelayanan sekolah

    2. Meningkatnya prestasi siswa dan sekolah

    3. Terjalinnya kerjasama dengan stakeholder

    4. Tersusunnya RKAS  tepat waktu

    5. Laporan BOS tersusun tepat waktu


  1. Peserta Didik

    1. Penerimaan Siswa Baru

    2. Pelaksanaaan Kegiatan Eskstrakulkuer

    3. Pelaksanaan program kesiswaan


  1. Peran serta Masyarakat

    1. Keterlibatan komite sekolah kembali aktif sesuai dengan fungsinya

    2. Hubungan sekolah dengan komite sekolah lebih baik

    3. Terjalinnya kerja sama dengan lembaga masyarakat 


  1. Lingkungan dan Budaya Sekolah

    1. Pemagaran sekolah

    2. Pembuatan taman sekolah

    3. Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang aman.


  1. PROGRAM

Merumuskan program adalah menggabungkan alternatif-alternatif pemecahan tantangan utama yang memiliki karakteristik yang saling mendukung, saling tergantung, atau saling berkaitan. Sasaran program nantinya diintegrasikan ke dalam kegiatan rutin, khusus, dan kegiatan yang melibatkan mitra : 


KEGITIATAN RUTIN

Pelajaran harian

Juli 2024 - Juni 2025

SAT, PAT

November 2024 dan Mei 2025

Kegiatan ekstrakurikuler

Juli 2024 - Juni 2025

Kegiatan P5

Juli 2024 - Juni 2025

Upacara bendera

Juli 2024 - Juni 2025

Rapat Rutin

Juli 2024 - Juni 2025

Kegiatan Kombel

Juli 2024 - Juni 2025

Penguatan Karakter

Juli 2024 - Juni 2025

Penguatan Literasi

Juli 2024 - Juni 2025

KEGIATAN KHUSUS

MPLS

Juli 2024 

Peringatan Hari Besar

Juli 2024 - Juni 2025

Pengembangan Keprofesian

Juli 2024 - Juni 2025

Persami/Perjusa

November 2024

Jambore

Oktober 2024

Perpisahan

Mei 2024

KEGIATAN MELIBATKAN ORANGTUA DAN MITRA

Kerja sama dengan Mitra

Tentatif

Rapat Orang Tua/Komite

Juli 2024





  1. INDIKATOR KEBERHASILAN

Indikator keberhasilan program adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah program yang dirumuskan berhasil atau tidak. Apabila indikator keberhasilan telah dapat dicapai, maka program dapat dikatakan berhasil; sebaliknya apabila indikator keberhasilan belum dapat dicapai, maka program dapat dikatakan belum berhasil. Indikator harus ditentukan agar program yang ditetapkan dapat diukur keberhasilannya. Indikator keberhasilan setiap program bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif, yang penting dapat diukur dan dirumuskan secara spesifik, operasional, dan dalam bentuk kalimat pernyataan.

Berikut ini kami uraikan indikator keberhasilan program sekolah per-kategori:

  1. Kurikulum dan Pembelajaran

  1. Tersedianya dokumen KOSP secara lengkap

  2. Guru mampu membuat dokumen KOSP

  3. Adanya KOSP

  4. Tersedianya silabus sekolah sesuai standar isi

  5. Tersedianya literatur tambahan

  6. Jam mengajar guru PNS maksimal 24 jam

  7. Tersedianya buku pelajaran


  1. Administrasi dan Manajemen Sekolah

  1. Seluruh guru berperan dalam penegakan peraturan sekolah

  2. Guru-guru  PNS  lolos sertifikasi


  1. Organisasi dan kelembagaan

  1. Usulan peraturan terbentuk

  2. Terselesaikannya program kerja


  1. Sarana dan Prasarana

  1. Tersedianya ruang Kelas Baru

  2. Tersedianya ruang Perpustakaan

  3. Penggantian dan perbaikan perabot rusak

  4. Sarana dan prasarana laboratorium IPA dilengkapi

  5. Laboran terampil menggunakan lab IPA

  6. Komputer dan printer tersedia sesuai kebutuhan

  7. Tersedianya musholla

  8. Tersedianya air bersih yang memadai


  1. Ketenagaan

  1. Terbuatnya program supervisi

  2. Terpenuhinya kebutuhan tenaga pendukung


  1. Pembiayaan dan pendanaan

  1. Jumlah siswa baru meningkat

  2. Tersusunnya RKABS tepat waktu


  1. Peserta Didik

  1. Terselenggarannya kegiatan pembelajaran

  2. Terselenggaranya klegiatan Ekstrakurikuler


  1. Peran serta Masyarakat

  1. Komite memahami tugas dan perannya

  2. Hubungan komite dan sekolah berjalan secara sinergi

  3. Komite selalu terlibat dalam program-program yang dijalankan sekolah

  4. Adanya pertemuan rutin dengan komite


  1. Lingkungan dan Budaya Sekolah

    1. Pembuatan taman sekolah

    2. Menanamkan kesadaran perlunya partisipasi masyarakat dan stekholder sekolah uintuik terciptanya lingkungan yang aman.

No comments:

Post a Comment