A. VISI:
Sekolah Dasar
Negeri 5 Kesiman mengusung visi:
“MEWUJUDKAN
SISWA YANG CERDAS, KREATIF, BERKEBINEKAAN GLOBAL DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN.”
Adapun
indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:
1.
Cerdas, membentuk generasi yang mampu menghadapi
serta menyesuaikan diri terhadap situasi baru yang
memiliki motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan diri (Pebelajar Sepanjang Hayat).
2.
Unggul dalam prestasi, mampu berkompetisi positif
dalam bidang akademik maupun non akademik
3.
Beriman dan bertaqwa, memiliki kepercayaan
terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan menjauhkan diri dari hal-hal yang merugikan
diri.
4.
Budaya Bangsa Berbasis lingkungan, memberdayakan
kearifan lokal dan lingkungan sekitar untuk penyelenggaraan pendidikan dalam
membentuk Profil Pelajar Pancasila
B. MISI:
Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri 5
Kesiman menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:
1.
Melaksanakan proses pembelajaran aktif, kreatif,
efektif, inovatif dan menyenangkan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media
belajar agar setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya
masing-masing.
2.
Membiasakan siswa belajar yang kreatif, belajar
yang baik secara menyeluruh guna mencapai kompetensi yang lebih baik.
3.
Membiasakan peserta didik melaksanakan
persembahyangan bersama sebelum mulai pelajaran dan menjelang pulang sekolah
serta setiap purnama, tilem dengan mengucap Puja tri Sandya dan Panca Sembah
dengan baik dan benar.
4.
Membiasakan peserta didik mengucapkan salam
panganjali “Om Swastyastu” setiap bertemu siapa saja dengan sikap yang benar
sehingga tercipta kedamaian.
5.
Membudayakan hidup bersih dan sehat di dalam dan
di luar lingkungan sekolah.
6.
Menumbuhkan sikap sesuai dengan pendidikan
karakter bangsa.
C. TUJUAN
Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri 5 Kesiman dalam
implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah
yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:
1.
Tujuan Jangka
Pendek (1 Tahun ke depan)
a.
Mengoptimalkan saran prasana sekolah untuk
menunjang rancangan
pembelajaran yang memotivasi keinginan belajar siswa.
b.
Menyelenggarakan sistem penilaian dengan
sistem digitalisasi
c.
Membentuk peserta didik yang taat dan
tepat waktu melaksanakan ibadah.
d.
Meningkatkan simpati dan empati peserta
didik dalam kepedulian sosial.
e.
Merancang program sekolah untuk
mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat.
f.
Merancang pembelajaran yang bangga akan
potensi daerah.
g.
Menerapkan pondasi gotong royong dalam
kegiatan kelas hingga sekolah.
h.
Melaksanakan program pembelajaran HOTs untuk memperkuat
bernalar kritis dan kreativitas.
i.
Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah
kemampuan literasi dan numerasi.
j.
Mempertahankan prestasi yang sudah
tercapai sebelumnya.
k.
Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara
memilah sampah.
2.
Tujuan Jangka
Menengah (4 tahun ke depan)
a.
Merancang pembelajaran yang
sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik
mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya.
b.
Sekolah mampu
melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem
digitalisasi.
c.
Membudayakan gerakan peduli
lingkungan dan hidup bersih .
d.
Meningkatkan kecintaan
dan kebanggan terhadap lingkungan.
e.
Melakukan kerjasama
dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR)
perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.
f.
Memotivasi peserta
didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam
kehidupannya.
g.
Menyelenggarakan
kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai
bakat dan minta dan potensi peserta didik.
3.
Tujuan Jangka
Panjang (8 tahun ke depan)
a.
Merancang pembelajaran dengan
model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah.
b.
Menghasilkan lulusan
yang memiliki mental pembelajar sejati.
c.
Membentuk peserta
didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi
beragama.
d.
Menyusun pembelajaran
dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya
lokal.
e.
Menjalin kerjasama
dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan
industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai
keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik.
f.
Membudayakan
lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan
sekolah.
g.
Membangun budaya dan
kultur sekolah yang kompetitif yang positif.
h.
Menyediakan fasilitas
untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.
No comments:
Post a Comment