VISI DAN MISI

 

A.      VISI:

Sekolah Dasar Negeri 5 Kesiman mengusung visi:

MEWUJUDKAN SISWA YANG CERDAS, KREATIF, BERKEBINEKAAN GLOBAL DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN.”

Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai dengan variabelnya antara lain:

1.       Cerdas, membentuk generasi yang mampu menghadapi serta menyesuaikan diri terhadap situasi baru yang memiliki motivasi untuk selalu belajar dan mengembangkan diri (Pebelajar Sepanjang Hayat).

2.       Unggul dalam prestasi, mampu berkompetisi positif dalam bidang akademik maupun non akademik

3.       Beriman dan bertaqwa, memiliki kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan menjauhkan diri dari hal-hal yang merugikan diri.

4.       Budaya Bangsa Berbasis lingkungan, memberdayakan kearifan lokal dan lingkungan sekitar untuk penyelenggaraan pendidikan dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila

 

B.      MISI:

Dalam upaya mengimplementasikan visi sekolah, SD Negeri 5 Kesiman menjabarkan misi sekolah sebagai berikut:

1.       Melaksanakan proses pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar agar setiap siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya masing-masing.

2.       Membiasakan siswa belajar yang kreatif, belajar yang baik secara menyeluruh guna mencapai kompetensi yang lebih baik.

3.       Membiasakan peserta didik melaksanakan persembahyangan bersama sebelum mulai pelajaran dan menjelang pulang sekolah serta setiap purnama, tilem dengan mengucap Puja tri Sandya dan Panca Sembah dengan baik dan benar.

4.       Membiasakan peserta didik mengucapkan salam panganjali “Om Swastyastu” setiap bertemu siapa saja dengan sikap yang benar sehingga tercipta kedamaian.

5.       Membudayakan hidup bersih dan sehat di dalam dan di luar lingkungan sekolah.

6.       Menumbuhkan sikap sesuai dengan pendidikan karakter bangsa.

 

C.      TUJUAN 

Tujuan yang diharapkan oleh SD Negeri 5 Kesiman dalam implementasi kurikulum sebagai bentuk dan cara mewujudkan misi sekolah yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut:

1.       Tujuan Jangka Pendek (1 Tahun ke depan) 

a.       Mengoptimalkan saran prasana sekolah untuk menunjang  rancangan  pembelajaran  yang  memotivasi keinginan belajar siswa. 

b.       Menyelenggarakan sistem penilaian dengan sistem digitalisasi 

c.       Membentuk peserta didik yang taat dan tepat waktu melaksanakan ibadah.

d.       Meningkatkan simpati dan empati peserta didik dalam kepedulian sosial.

e.       Merancang program sekolah untuk mengenalkan implementasi kebhinekaan global di masyarakat. 

f.        Merancang pembelajaran yang bangga akan potensi daerah. 

g.       Menerapkan pondasi gotong royong dalam kegiatan kelas hingga sekolah.

h.       Melaksanakan program  pembelajaran HOTs untuk memperkuat bernalar kritis dan kreativitas. 

i.        Melaksanakan pembelajaran untuk mengasah kemampuan literasi dan numerasi.

j.        Mempertahankan prestasi yang sudah tercapai sebelumnya.

k.       Menjaga kebersihan lingkungan dengan cara memilah sampah.

           

2.       Tujuan Jangka Menengah (4 tahun ke depan) 

a.       Merancang pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perbedaan kemampuan kognitif peserta didik mengarahkan pada keterampilan dan kecakapan hidup sesuai bakat dan minatnya. 

b.       Sekolah mampu melaksanakan penilaian secara akuntabel dan valid dengan sistem digitalisasi. 

c.       Membudayakan gerakan peduli lingkungan dan hidup bersih . 

d.       Meningkatkan kecintaan dan kebanggan terhadap lingkungan.

e.       Melakukan kerjasama dengan stakeholder daerah atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk merancang program pembelajaran berbasis budaya lokal.

f.        Memotivasi peserta didik untuk menggagas inovasi sederhana untuk memberikan solusi dalam kehidupannya.

g.       Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang optimal dalam mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minta dan potensi peserta didik.

 

3.       Tujuan Jangka Panjang (8 tahun ke depan) 

a.       Merancang pembelajaran dengan model pembelajaran yang menjadi ciri khas sekolah. 

b.       Menghasilkan lulusan yang memiliki mental pembelajar sejati.

c.       Membentuk peserta didik yang berakhlakul mulia dan selalu peduli sosial dalam toleransi beragama. 

d.       Menyusun pembelajaran dengan bahan ajar mandiri untuk meningkatkan kecintaan pada budaya lokal. 

e.       Menjalin kerjasama dengan pihak luar (sanggar, perguruan tinggi, dan dunia usaha dan industri) untuk melengkapi program sekolah yang memfasilitasi berbagai keragaman potensi, minat dan bakat peserta didik. 

f.        Membudayakan lingkungan belajar dan karakter inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah. 

g.       Membangun budaya dan kultur sekolah yang kompetitif yang positif.

h.       Menyediakan fasilitas untuk mengembangkan kreativitas, inovasi dan minat bakat peserta didik.

No comments:

Post a Comment