Sunday, September 18, 2022

SOAL PTS KELAS VI TEMA 2 SEMESTER 1 + KISI-KIS DAN KUNCI JAWABAN


 

Jawablah
soal berikut dengan tepat!





PPKN 3.4



1.      Kerukunan dapat menjadi penguat bangsa, hal itu seperti
peribahasa ….



a. Bhineka tunggal ika



b. Tut wuri handayani



c. Berakit-rakit kehulu berenang-renang
ketepian



d. Bersatu kita teguh bercerai ktia
runtuh



 



2.      Menjaga kerukunan di kelas merupakan contoh sikap yang
mencerminkan sila Pancasila yang ….



a. Pertama



b. Kedua



c. Ketiga



d. Keempat



 



3.      Sikap ketika di sekolah yang mencerminkan menghargai
perbedaan adalah ….



a. Berteman dengan semua siswa di
kelas



b. Memilih teman yang seagama saja



c. Mencari teman yang
kaya-kaya  saja



d. Tidak mau bermain dengan yang
lain daerah



 



4.     
Hidup rukun harus dilakukan di….



 



5.     
Sikap kita terhadap tradisi yang
berbeda yaitu….



 



BAHASA
INDONESIA 3.4



 Isilah Titik-Titik Di Bawah Ini
Dengan Pilihan Kata Tanya Berikut Ini :“Siapa, Dimana, Kapan, Mengapa,
Bagaimana, Berapa, Apa, Darimana atau Seperti Apa”



1. ………… nama kamu? (Nama saya
Sinta)

2. ………… asalmu? (Saya dari Bali)

3. …………kamu akan pulang ke rumah? (Jam 9 malam)

4. ………… bentuk rumahmu? (Bentuknya seperti trapezium)

5. ………… tempat tinggalmu? (di Denpasar)

6. ………… kamu tidak berangkat sekolah? (Karena saya sakit)

7. ………… cara memasak kue bolu? (dengan cara di kukus)

8. ………… harga sepeda barumu? (harganya Rp. 500.000)

9. …………yang sedang terjadi di kelas? (jendelanya pecah ditiup angina)

10. …………usiamu pada tahun ini? (usia saya 11 tahun)



IPA
3.3



1.      Ciri khusus yang dimiliki oleh makhluk hidup untuk
menyesuaikan diri dengan lingkungannya dinamakan ….



a. Fotosintesis



b. Respirasi



c. Adaptasi



d. Aspirasi



 



2.      Contoh ciri khusus yang dimiliki tumbuhan teratai adalah ….



a. Akar menjulang tinggi



b. Memiliki batang berongga



c. Memiliki daun yang runcing



d. Mempunyai bunga yang berbau busuk



 



3.      Contoh tumbuhan yang memiki ciri khusu berupa batang yang
berduri adalah ….



a. Ketela pohon, salak dan mangga



b. Salak, mawar dan kaktus



c. Mawar, melati dan anggrek



d. Kaktus, jati dan bamboo



 



4.     
Xerofit
adalah tumbuhan yang hidup di tempat….



 



5.      Mimikri
adalah kemampuan hewan untuk….



 



IPS
3.4



1.      Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dikumandangkan pada
tanggal ….



a. 8 Oktober 1928



b. 28 Oktober 1945



c. 17 Agustus 1945



d. 20 Nopember 1945



 



2.      Penyusun teks proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ….



a. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan
Mr. Moh Roem



b. Ir. Soekarno, Sayuti Melik dan
Drs. Moh. Hatta



c. Ir. Soekarno, Ki Hajar Dewantara
dan Sukarni



d. Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan
Mr. Achmad Soebardjo



 



3.      Teks proklamasi dibacakan di jalan ….



a. Merdeka Selatan No. 45



b. Pegangsaan Timur No. 56



c. Panglima Soedirman No. 46



d. Ahmad Yani No. 27



 



4.     
Teks proklamasi kemerdekaan
Indonesia ditulis di rumah ….



 



5.     
Teks proklamasi kemerdekan Indonesia
ditandatangi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta atas nama ….



 



SBDP
3.3



1.      Keunikan tari daerah dipengaruhi oleh ....

a. ekonomi masyarakat dan daerah

b. pendidikan masyarakat dan budaya

c. keadaan daerah dan latar belakang budaya

d. tingkatan sosial masyarakat



 



2.      Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal yang harus
diperhatikan pada saat kita akan mempelajari ragam tarian daerah adalah ....


a. ragam gerak tarian

b. busana dan perlengkapan

c. tempat menari

d. iringan tari



 



3.      Variasi pola lantai diperlukan agar ....

a. penonton tidak bosan

b. ruangan terlihat sempit

c. tarian lebih indah

d. tarian cepat selesai



 



4.      Tari baris gede menggunakan pola lantai ....



 



5.      Tari Jaipong berasal dari ....


KISI-KISI

































































































































































































































































No



Mupel



indikator



Indikator soal



Nomer soal



Jenis soal



Bobot



1



PPKN



3.1.1 Menelaah persatuan dan
kesatuan



Disajikan soal, siswa dapat
menemukan makna kerukunan



1



Objektif



1



2



3.1.1 Menelaah persatuan dan
kesatuan



Disajikan soal, siswa dapat
menemukan makna kerukunan



2



Objektif



1



3



3.1.1 Menelaah persatuan dan
kesatuan



Disajikan soal, siswa dapat
menemukan makna kerukunan



3



Objektif



1



4



3.1.1 Menelaah persatuan dan
kesatuan



Disajikan soal, siswa dapat
menemukan makna kerukunan



4



Isian



2



5



3.1.1 Menelaah persatuan dan
kesatuan



Disajikan soal, siswa dapat
menemukan makna kerukunan



5



Essay



3



6



Bahasa Indonesia



3.1.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



1



isian



1



7



3.1.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



2



isian



1



8



3.1.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



3



isian



1



9



3.1.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



4



isian



1



10



3.1.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



5



isian



1



11



3.4.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



6



isian



1



12



3.4.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



7



isian



1



13



3.4.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



8



isian



1



14



3.4.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



9



isian



1



15



3.4.2 Memaparkan informasi
dengan menggunakan aspek apa, siapa, kapan, mengapa, dimana dan bagaimana



Disajikan
soal, siswa mampu menentukan kata tanya sesuai konteks



10



isian



1



16



IPA



3.3.2
Identifikasi adaptasi tumbuhan dan hewan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab soal tentang adaptasi hewan dan tumbuhan



1



Objektif



1



17



3.3.2
Identifikasi adaptasi tumbuhan dan hewan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab soal tentang adaptasi hewan dan tumbuhan



2



Objektif



1



18



3.3.2
Identifikasi adaptasi tumbuhan dan hewan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab soal tentang adaptasi hewan dan tumbuhan



3



Objektif



1



19



3.3.2
Identifikasi adaptasi tumbuhan dan hewan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab soal tentang adaptasi hewan dan tumbuhan



4



Isian



2



20



3.3.2
Identifikasi adaptasi tumbuhan dan hewan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab soal tentang adaptasi hewan dan tumbuhan



5



Essay



3



21



IPS



3.4.1
Mengidentifikasi makna proklamasi Kemerdekaan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab terkait makna proklamasi kemerdekaan



1



Objektif



1



22



3.4.1
Mengidentifikasi makna proklamasi Kemerdekaan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab terkait makna proklamasi kemerdekaan



2



Objektif



1



23



3.4.1
Mengidentifikasi makna proklamasi Kemerdekaan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab terkait makna proklamasi kemerdekaan



3



Objektif



1



24



3.4.1
Mengidentifikasi makna proklamasi Kemerdekaan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab terkait makna proklamasi kemerdekaan



4



Isian



2



25



3.4.1
Mengidentifikasi makna proklamasi Kemerdekaan



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab terkait makna proklamasi kemerdekaan



5



Essay



3



26



SBDP



3.3
Mengidentifikasi makna tari kreasi daerah



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab pertanyaan terkait tarian daerah



1



Objektif



1



27



3.3
Mengidentifikasi makna tari kreasi daerah



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab pertanyaan terkait tarian daerah



2



Objektif



1



28



3.3
Mengidentifikasi makna tari kreasi daerah



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab pertanyaan terkait tarian daerah



3



Objektif



1



29



3.3
Mengidentifikasi makna tari kreasi daerah



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab pertanyaan terkait tarian daerah



4



Isian



2



30



3.3
Mengidentifikasi makna tari kreasi daerah



Disajikan
soal, siswa mampu menjawab pertanyaan terkait tarian daerah



5



Essay



3










KUNCI JAWABAN TEMA 2



 









PPKN



1.     
D



2.     
C



3.     
A



4.     
Dimana saja



5.     
Menghargai dan Menghormati



 



B.
Indonesia



1. Siapa



2. Dari mana



3. Kapan



4. Bagaimana



5. Di Mana



6. Mengapa



7. Bagaimana



8. Berapa



9. Apa



10. Berapa



 



 



 



 



IPA



1.     
C



2.     
B



3.     
B



4.     
Kering



5.     
Mengubah warna tubuh sesuai dengan
lingkungannya



 



IPS



1.     
C



2.     
D



3.     
B



4.     
Laksamana Tadashi Maeda



5.     
Bangsa Indonesia



 



SBdP



1.     
C



2.     
A



3.     
C



4.     
Vertical



5.     
Jawa barat


No comments:

Post a Comment